5 saran bagi fotografer pemula

10 Aug

Fotografer pemula - Seorang fotografer sedang mengambil gambar dengan kameranya / media.photobucket.com / haru no kaze

Jakarta, 10/8 (ClickFotografi) – Apakah anda suka merasa bahwa hasil jepretan kurang baik.  Hal itu mungkin karena anda kurang menguasai teknik dalam pemotretan.

“Sekarang ini seharusnya para fotografer pemula itu sudah enak. Sudah dimudahkan dengan produk-produk kamera digital, jadi belajarnya juga lebih mudah,” ujar Saptono, jurnalis foto  senior dari AntaraFoto kepada ClickFotografi, Rabu (10/8).

Saptono menyebutkan lima saran untuk para fotografer pemula. Berikut saran memotret yang baik,

  1. kenali kamera. Seorang fotografer harus mengenal alat atau kamera yang digunakannya. Diafragma dan ‘speed’ atau kecepatan adalah dua hal utama yang harus diketahui seorang fotografer. Untuk para pemakai kamera digital, pengenalan program yang terdapat dalam kamera juga tak kalah penting, setelah dapat memahami diafragma dan speed.
  2. latihan memotret. Dengan tekun memotret, seorang fotografer bisa menjadi sukses. Banyaknya jam terbang pada seorang fotografer juga dapat melatih kepekaannya terhadap daya rasa dan cipta. Kurangnya ‘trial and error’ dapat menghentikan kreatifitas seorang fotografer.
  3. rajin-rajinlah menonton film bermutu. Film adalah kumpulan ‘frame’ yang sudah tersusun dan terbentuk dengan rapi. Baik pencahayaan, sudut pandang, komposisi, ‘focusing’, ‘background’, ‘foreground’ semuanya sudah jadi dan tersusun dengan baik. Dengan menonton film kita juga dapat mempelajari seluruh aspek-aspek fotografi tersebut.
  4. banyak membaca buku tentang fotografi. Praktik memotret adalah hal yang penting dalam fotografi. Akan tetapi, teknik memoto akan lebih baik lagi, bila kita mau mempelajari teorinya. Hal ini juga sangat berguna untuk menyegarkan kembali ingatan dan kemampuan kita dalam memotret.
  5.  berbagi pengalaman dengan sesama fotografer. Selain menambah ‘link’ dalam pergaulan, berbagi pengalaman sesama fotografer juga dapat menjadi pelajaran untuk mereka. Setiap fotografer memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda, dan ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran. (Sari Kartijsoeparto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: