Ayo kenali lensa!

10 Aug

Jakarta, 10/8 (ClickFotografi) – Saat ini hobi fotografi banyak digandrungi berbagai kalangan. Tersedianya beragam jenis produk kamera seperti kamera saku, kamera polaroid dan kamera SLR mengundang orang untuk belajar fotografi. Kamera DSLR (Digital SIngle Lens Reflect) adalah jenis kamera yang kini umum digunakan oleh banyak fotografer baik profesional maupun fotografer pemula.

Pada umumnya, lensa kamera DSLR menggunakan lensa berukuran 35mm. Jenisnya dapat berbeda, mulai dari lensa untuk memotret jauh, memotret obyek kecil atau jarak dekat dan juga untuk memotret sudut lebar.

Nah, inilah jenis-jenis lensa pada kamera DSLR yang sering kali digunakan oleh para fotografer .

  • Lensa Normal (standar). Adalah jenis lensa yang memiliki konsep sesuai dengan pandangan mata manusia. Bidikannya natural dengan ukuran 50mm.

    LENSA STANDAR - Jenis lensa yang biasanya sudah menjadi satu paket saat anda membeli kamera DSLR. foto/Flickr/ fs999

  • Lensa Sudut Lebar (Wide Angle). Lensa ini adalah jenis lensa yang cocok untuk untuk memotret lanskap atau tema arsitektur. Lensa ini berkemampuan menangkap bidang yang luas dalam ruang sempit. Lensa ini berukuran 17 mm, 24 mm, 28 mm, dan 35 mm.

    WIDE ANGLE LENS cocok digunakan untuk memotert arsitektur dan lanskap. foto/ Flickr/ Nick Chill

  • Lensa Potret Jarak Jauh (Lensa Tele). Kebalikan dengan lensa sudut lebar, lensa ini justru mempersempit sudut pandang namun dapat mendekatkan objek.  Lensa jenis ini paling pas untuk anda yang senang memotret dunia olah raga atau kehidupan binatang liar. Ukuran lensa ini umumnya lebih dari 70 mm.

    LENSA TELE paling pas untuk anda yang senang memotret dunia olah raga atau kehidupan binatang liar. foto/ Flickr/ Dominik 'Dome'

  •  Lensa Makro. Lensa ini paling sering digunakan untuk foto close up atau untuk menangkap detail yang kecil dari obyek. Contohnya foto serangga, bunga dan perhiasan. Rentang ukuran lensa ini biasanya berkisar antara 50mm hingga 200mm.

Lensa Makro - lensa ini digunakan untuk menangkap detail objek. foto/yonitk.blog.upi.edu/ yoni tri kushendarto.

  • Lensa Fish Eye. Diberi nama ‘fish eye’ karena kemampuan lensa ini untuk memotret gambar dengan sudut pandang sampai dengan 180 derajat. Foto yang dihasilkan pun tercitra seperti melengkung.

Lensa Fisheye - Lensa ini digunakan untuk mendistorsi objek agar tampak melengkung / oracularsspectacular.blogspot.com/ aalipp.

  • Lensa Sapu Jagat (Superzoom Lens). Lensa ini merupakan gabungan dari jenis lensa standar dan lensa tele. Rentang ukuran lensa yang luas, biasanya sekitar 18mm hingga 200 atau bahkan 270mm. Jenis lensa ini populer sebagai lensa untuk jalan0jalan atau ‘traveling’. (Sari Kartijsoeparto)

sumber : www.infofotografi.com; www.fibsite.com; wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: